Perkenalan PHP dan MYSQL

Akhirnya ketemu lagi dengan saya mas, mba, kang, kak, dek dan sapa ajah deh yang membaca dan membuka blog saya ini. Sudah lama saya tidak ngeblog d karenakan sebulan ini saya banyak sekali tugas,. Yauda gak usah basa basi lagi deh, sekarang saya ingin memberikan sedikit ilmu saya ini tentang perkenalan PHP dan MYSQL. Yang sebelumnya saya memposting cara menginstal filezilla. hehehe

Langsung ajah yaa, sebelum saya membahas PHP, siapa yang udah tau tentang makanan PHP ini ?? hehe
APA itu PHP ?

PHP singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor
     PHP adalah server-side scripting bahasa, seperti ASP
     Skrip PHP dijalankan di server
     PHP mendukung banyak database (MySQL, Informix, Oracle, Sybase, Solid, PostgreSQL, Generic ODBC, dll)
     PHP merupakan perangkat lunak open source
     PHP bebas di download dan digunakan.

Jadi PHP itu gabungan dari berbagai bahasa seperti ASP yang udah disebutkan di atas tadi. haha 
Apa itu File PHP?

     PHP file dapat berisi teks, tag HTML dan script
     File PHP dikembalikan ke browser sebagai HTML biasa
     PHP file memiliki ekstensi file ". Php", "php3.", Atau ". Phtml"


Sebenarnya script PHP itu kalau di jalankan di browser tidak terlihat, yang terlihat hanya HTMLnya  saja. Dan biasanya saya menyimpan file PHP itu dengan .PHP contoh : index.php

Nah lanjut sekarang kita membahas tentang MYSQL.
Apa itu MySQL?
 MySQL adalah database server

MySQL sangat ideal untuk aplikasi kecil dan besar
MySQL mendukung standar SQL
MySQL mengkompilasi pada sejumlah platform
MySQL bebas untuk didownload dan digunakan

Cara Buat Koneksi ke Database MySQL

Sebelum Anda dapat mengakses data dalam database, Anda harus membuat koneksi ke database.
Ini contoh file script untuk membuat koneksi didatabase. Simpan dengan nama : koneksiMySql.php
$dbhost= "localhost";
$dbuser="root";
$dbpassword="";
$dbname="tamu";    -> nama databasenya terserah di buat. contonya saya membuat nama database "tamu" 
$koneksi=mysql_connect($dbhost,$dbuser,$dbpassword);
mysql_select_db($dbname);
?>
kalau kalian sudah membuat file koneksi nah selanjutnya membuat diskoneksinya. Simpan file dengan nama diskoneksiMySql.php

mysql_close($koneksi);
?>
 Mungkin hanya ini ajah yang bisa sharing terhadap teman - teman semua, modul ini hanya sekedar ilmu saya yang di dapat dan kalau kurang lengkap bisa mencari refrensi di blog ataupun web laen. hehe :-)

Klik tombol like diatas... Jika anda menyukai artikel ini.
Terima Kasih telah mengunjungi Blog ini,
Jangan lupa untuk memberikan komentar pada form dibawah post ini...

Share / Bagikan Artikel ini ke teman Anda :

{ 0 comments...Tambahkan Komentar Anda }

Posting Komentar